Selasa, 06 September 2011

Simple Question

Hari ini dr.BS datang ke morning report. Satu pertanyaan sederhana dan menggelitik ditujukan ke kami. Begini pertanyaannya : "Sebagai dokter Rehab medik, apa sih yang kalian terapi/obati?" Sederhana, menghenyak dan menggelitik kami. Kalau dokter umum kita mengobati penyakit, tapi sebagai dokter Rehab apakah cukup? Hmmm...
Berdasarkan definisi IKFR (sudah saya posting sebelumnya), Rehab medik mengelola secara komprehensif kecacatan/keterbatasan fisik akibat penyakit/cedera yang mengenai sistem neuromuskuloskeletal dan kardiorespirasi beserta gangguan psiko-sosio-vokasional yang menyertainya.
Sebenarnya apa sih kecacatan/keterbatasan fisik itu?
Ada 3 hasil terapi yaitu Sembuh, mati dan cacat. Sedangkan cacat itu sendiri juga ada 3 yaitu Impairment, Disability dan Handicap.
Impairment adalah suatu kelainan menyangkut struktur anatomi, fungsi organ, psikis yang dapat disebabkan oleh penyakit, cedera atau kelainan kongenital.
Disability adalah keterbatasan kemampuan seseorang dalam melakukan kegiatan yang dianggap normal bagi orang dengan usia tertentu, akibat impairment.
Handicap adalah kemunduran seseorang dalam interaksi dengan orang lain, lingkungan atau kehidupan sosial akibat impairment atau disability.
Jadi secara singkat impairment pada organ level, disability pada human level, dan handicap pada environment level.
Sebagai seorang dokter Rehab ketiga kecacatan itulah yang di terapi.
Contoh pada pasien dengan Trigger finger digiti III dextra dan de Quervains tenosynovitis, maka Impairmentnya adalah Trigger finger 3rd digiti manus D dan Tenosynovitis tendon AbductorPollicis Longus and Extensor Pollicis Brevis D. Sedangkan disabilitynya adalah Wrist pain to carrying her grandchild, doing her daily activity like washing, lifting water and wudlu. Handicapnya adalah unpleasant family relationship.
Semoga bermanfaat.
Terima kasih untuk dr.BS buat pertanyaannya. Simple Question, but the answer has content great responsibility.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar