Senin, 03 Maret 2014

OLEH2 ROTASI NEURO : TODD'S PARALYSIS

Robert Bentley Todd


Definisi 
Tood's paralysis atau Todd's paresis adalah kelemahan fokal dari bagian tubuh setelah terjadinya kejang. Kelemahan ini bertipe sebagai akibat tambahan dan terjadi pada sisi tubuh kiri atau kanan. Terjadi komplit dalam 48 jam. Paresis ini juga berakibat pada kemampuan bicara, posisi mata (tatapan) atau penglihatan.

Sejarah
Robert Bentley Todd (1809–1860), seorang fisiologis Irlandian yang lahir di London yang pertama kali mengemukakan fenomena ini pads tahun 1849. Hal ini terjadi pada lebih dari 13% kasus kejang. Yang paling sering terjadi setelah kejang fokal motor yang berpengaruh pada satu sisi tubuh. Secara umum postulat penyebabnya akibat dari korteks motor primer yang kelelahan, meskipun tidak ada bukti yang mendukung teori ini.

Gambaran Klinis
Gambaran klasik dari Todd's paresis adalah kelemahan sementara dari tangan, lengan atau tungkai setelah kejang parsial. Kelemahan ini bisa berat sampai ringan bahkan paralisis yang komplit.
Saat kejang berpengaruh selain dari korteks motor, defisit neurologis yang lain dapat terjadi. Hal ini termasuk perubahan sensori jika korteks sensori terlibat, gangguan visual jika lobus occipital terlibat & afasia jika fiber kondukting atau komprehension terlibat.
Tood's paralisi ini telah dievalusi pada studi dengan pasien 513 dengan epilepsi melalui video-electroencephalografi. Studi yang sama menunjukkan rata-rata durasi paresis postictal adalah 173 detikdengan rentang 11 detik sampan 22 menit. Beberapa case report melaporkan durasi paresis lebih panjang yaitu beberapa hair.
Penemuan post-ictal neurologikal yang lain adalah tidak terlibatnya bagian yang terkena kejang. Hal ini menjadi dasar pemikiran penyebab mekanisme lain dari Todd's paresis dan termasuk paralysis kontra lateral dan penyebab genetik yang jarang. Todd's paresis lebih sering terjadi setelah kejak klonik.

Penyebab
Penyebab Todd's paresis adalah tidak diketahui. Ada 2 hipotesa dari penyebabnya. Pertama Teori Depletion, dimana korteks motor kelelahan yang berakibat terjadinya prolonged neuronal hyperpolarization. Kedua, adanya inaktivasi sementaradari fiber motor yang disebabkan aktivitas NMDA receptors.

Terapi
Terapi Todd's paralisis adalah simptomatik & suportif karena paralisis menghilang dengan cepat.

Prognosis
Prognosis tergantung efek dari kejang bukan paralisis yang terjadi.

Catatan penting :
Isu yang penting adalah perbedaan Todd's paresis dengan stroke. Isu ini didasarkan kenyataan bahwa beberapa stroke dipicu olehkejang fokal pada fase akut. Todd's paresis pada konteks ini lebih ke arah defisit neurologis yang luas yang berkaitan dengan proses vaskular itu sendiri yang menghasilkan keputusan yang salah yang mengacu pada terapi stroke akut seperti trombolisis. Untuk alasan ini kejang selama fase akut stroke secara umum kontraindikasi relatif pemberian terapi trombolisis, terutama tidak adanya oklusi cerebrovaskular pada imaging vaskular.
Todd's paresis pads infant tidak menghalangi diagnosis kejang demam. Pada studi terakhir menunjukkan insiden Todd's paresis 0.4% pada infant yang terdiagnosis kejang demam.

1 komentar: