Sabtu, 31 Mei 2014

ACCIO TIKET KE INGGRIS, DENGAN PORTKEY MR. POTATO

Kata orang bijak : gantungkanlah cita-citamu setinggi langit. Salah satu cita-citaku adalah keliling dunia. Namun cita-cita keliling dunia itu masih dalam sebatas mimpi. Namun bukankah semua hal berawal dari mimpi? Lebih penting lagi bukan sekedar mimpi tetapi bangun dan mewujudkannya.

Bagaimana mewujudkan mimpi keliling dunia? Jawabannya ya menabung. Pasti butuh banyak biaya untuk itu. Tapi bagaimana bisa menabung? Dana untuk biaya kuliah spesialisasi yang kujalani ini sangat banyak. Jadinya mimpi itu harus ditunda, menunggu lulus dan bekerja lagi.

Tapi untunglah ada Mr. Potato yang baik hati (menjadi portkey-ku menurut novel Harry Potter), yang memberikan tiket gratis ke Inggris. Inggris adalah salah satu tujuan keliling duniaku.

Kenapa ke Inggris?

Ada beberapa alasan kenapa saya ingin mengunjungi Inggris.

1. Mengunjungi tempat yang berkaitan dengan novel favoritku

Enid Blyton (Sumber di sini)
Sejak SD aku suka membaca cerita petualangan karya Enid Blyton. Baik itu Lima sekawan, Pasukan Mahu Tahu, Sapta Siaga, Si Badung, Malory Towers, St. Claire dan lainnya. Bahkan aku pernah menjadi juara 3 peminjam terbanyak perpustakaan saat SMP. Meskipun kalau dilihat dengan teliti kebanyakan yang kupinjam adalah buku fiksi. Aku jadi malu sendiri.


Agatha Christie (Sumber di sini)
Aku juga menyukai novel karya penulis Inggris yang lain seperti Sir Conan Doyle yaitu cerita tentang detektif Sherlock Holmes. Juga karya-karya novelis Agatha Christie. 

Sampai era yang sangat mengagumkan yaitu era Harry Potter karya J.K Rowling.

Penulis-penulis tersebut di atas membawaku berimajinasi ke Inggris. Banyak tempat-tempat yang digambarkan dalam novel-novel tersebut yang membuatku berkata pada diriku sendiri, "Aku harus mengunjungi Inggris!"

Aku memiliki hobi menulis dan fotografi ditambah suka travelling. Jadi klop rasanya mengabadikan kunjungan ke Inggris nanti dalam bentuk tulisan dan foto.

Mengunjungi Pedesaan di Inggris


Corfe castle yang ada dalam cerita Lima Sekawan
(Sumber di sini)
Karya-karya Enid Blyton banyak bercerita tentang pedesaan dan suasana sekolah di Inggris. Hmm alangkah asyiknya bisa menikmati hijaunya rumput yang dihiasi bunga-bunga yang indah saat musim semi dengan bersepeda dengan bekal sandwich dan limun. Menikmati lamanya siang saat musim panas, daun-daun yang berguguran ketika musim gugur dan bermain salju saat musim dingin.

Di tambah kastil-kastil tua yang digambarkan, menambah rasa penasaran. Siapa tahu nanti menemukan harta karun juga.


Train to Churston Sation (Sumber di sini)
Agatha Christie juga menggambarkan banyak keindahan desa di Inggris, meskipun kisah tulisannya banyak bercerita tentang kriminal. Salah satu contoh adalah gambar di berikut ini yaitu suasana di Greenway (daerah antara Paignton to Dartmouth Railway), rumah Agatha sendiri. Dimana ia naik kereta dan turun di Churston Station. Suasana di kereta ini muncul dalam novelnya yang berjudul "The ABC Murders" dan "Dead Man's Folly".

Mengunjungi Museumnya Sang Novelis

Torquay Museum (Sumber di sini)
Selain itu saya ingin berkunjung museum Agatha Christie yaitu Torquay Museum. Di mana di tempat ini sering diadakan pameran dan terdapat buku, foto-foto tentang Agatha Christie.

Wah pasti akan menyenangkan karena saya akan mengenal lebih dalam tentang Agatha Christie salah satu penulis favorit saya.




Museum Sherlock Holmes (Sumber di sini)
Katenaran detektif Sherlock Holmes tidak diragukan lagi. Bahkan cerita tentang detektif tersebut berulangkali diangkat ke layar lebar ataupun serial TV. The Guinness World Records mencatat bahwa Sherlock Holmes adalah "tokoh paling sering digambarkan dalam film" dengan lebih dari 70 aktor memainkannya dalam lebih dari 200 film.

Oleh karena itu tidaklah afdol jika tidak berkunjung ke Sherlock Holmes Museum yang berada di 221B Baker Street London. Museum ini dikenal sebagai apartemen Sherlock Holme, dimana terdapat sebuah toko yang menjual koleksi Sherlock Holmes.


Mengunjungi dunia Sihir Harry Potter


JK Rowling (Sumber di sini)
Kunjungan selanjutnya adalah ke dunia sihir karya JK Rowling yang fenomenal itu. Berkat novel Harry Potter ini menjadikan JK Rowling menjadi wanita yang lebih kaya dibandingkan Ratu Inggris. Novel yang mampu menyihir para pembacanya ini konon lahir ketika JK Rowling sedang naik kereta api. Wow sungguh luar biasa.

Harry Potter bocah ajaib yang tetap hidup meski dikutuk Lord Voldemort. Dalam novel Harry Potter sihir kuno yang melindungi Harry Potter dari kutukan maut adalah cinta dan doa sang ibu Lily Potter. Bahkan kutukan tersebut berbalik arah dan membunuh Lord Voldermort untuk sementara. 

Membaca 7 novel Harry Potter kita akan dibawa ke negeri Inggris yang didalamnya ada 2 dunia yaitu dunia muggle dan dunia Sihir. Banyak hal yang bisa dipetik dari novel ini tentang persahabatan, kebenaran, kejahatan, arti kebahagiaan, pengorbanan dan sebagainya. Namun satu hal yang kurasakan ternyata aku tersihir untuk datang ke London melihat tempat-tempat yang ditulis novel tersebut maupun yang tergambar di film.

Mengunjungi The Making of Harry Potter WB Studio Tour


Harry Potter WB Studio Tour (Sumber disini)
Untunglah Warner Bros perusahaan film besar yang memegang lisensi pembuatan film dari ke tujuh novel JK Rowling berbaik hati membuat Harry Potter Studio Tour. Untuk lebih lengkapnya baca di sini

Di WB studio tour ini kita bisa melihat di balik pembuatan film Harry Potter. Pengunjung akan berkesempatan untuk melihat set otentik, menemukan keajaiban khusus dan efek yang memukau di balik layar serta rahasia dari film Harry Potter.

Berjalan di atas lantai batu asli dari ikon Hogwart Great Hall, menghadapi makhluk animatronik dan mengembara ke bawah Diagon Alley. Pengunjung akan menghidupan kembali keajaiban melalui mata pembuat film yang membawa film Harry Potter nyata.

Pengunjung dapat merasakan masuk ke ruang kepala sekolah Hogwart Dumbledore, mengunjungi kelas Ramuan Profesor Snape, bertamu ke The Burrow-rumah keluarga Weasley dan mencoba naik sapu terbang di ruang green screen. Selain itu pengunjung bisa melihat kastil Hogwart, naik motor Hagrid, melihat Knight Bus. Juga bisa belajar koreografi menggunakan tongkat sihir, duel dengan Death Eater. Wow sungguh mengagumkan. 


Toko Studio (Sumber di sini)
WB studio tour ini pengunjung juga bisa melihat kostum Quidditch dan berbelanja di toko studio. Berbagai item bisa dibeli para pengunjung, seperti replika tongkat sihir, berbagai rasa dari Bertie Bott's Beans dan Chocolate Frogs, juga kostum dari 4 menara Hogwart.

Wah bikin ngiler saja, ingin rasanya berkunjung ke WB Studio Tour The Making of Harry Potter. Cari portkey, please Mr. Potato, bawa aku ya.

2. Berkunjung ke 7 Ikon Inggris

Buckingham Palace


Buckingham Palace (Sumber di sini)
Destinasi ini jelas akan kupilih. Ingin rasanya berkunjung ke tempat kediaman Yang Mulia Ratu Elizabeth. Konon kabarnya istana yang terletak di kota Westminster ini interiornya masih asli dengan hiasan dari abad ke-19. Tempat ini merupakan tempat yang menjadi kunjungan favorit para wisatawan yang berkunjung ke Inggris.

Sebenarnya yang lebih membuat saya penasaran adalah prajurit istana Buckingham. Katanya para prajurit ini akan tetap diam tanpa merubah posisinya sampai jam jaganya selesai. Keren. Saya ga habis pikir dan benar-banar ingin membuktikannya. Mr. Potato bawa aku ke sana ya. Please.



Big Ben (Sumber di sini)
Menara Jam Big Ben

Menara Jam Big Ben merupakan landmark yang paling terkenal di Inggris, menjadi tujuan pertama para turis yang datang ke Inggris. Kabarnya Big Ben ini merupakan tempat di mana sejarah peradaban modern dimulai. Big Ben ini berdentang tiap 15 menit sekali dan suaranya bisa terdengar sampai radius 8 kilometer. Luar biasa. Keren. Wah tambah ingin segera pergi ke Inggris nih.






Westminster Abbey (Sumber di sini)

Katedral Westminster Abbey

Westminster Abbey adalah sebuah katedral yang berarsitektur gothic. Katedral ini merupakan tempat penobatan sekaligus tempat pemakaman. Beberapa ilmuwan terkenal seperti Charles Darwin dan Sir Isaac Newton di makamkan di sini. Wah ingin rasanya berziarah di sana. Makam ilmuwan yang selama ini kukenal hanya lewat buku pelajaran sekolahku. Pada tahun 1987 Westminster Abbey ini terdaftar jadi situs warisan budaya UNESCO.

Trafalgar Square

Trafalgar Square (Sumber di sini)
Trafalgar Square merupakan alun-alun tempat berkumpulnya saat ada acara-acara besar seperti royal wedding. Menurut sejarah nama awal alun-alun ini adalah King William VI Square, namun kemudian diubah untuk memperingati pertempuran Trafalgar. Pertempuran Trafalgar adalah pertempuran heroik angkatan laut Inggris yang mampu mengalahkan pasukan Napoleon. Di sini terdapat monumen dengan tinggi 50 meter.


London Eye (Sumber di sini)
London Eye

London eye adalah sebuah wahana bianglala besar yang dapat mengangkut 800 penumpang, dengan tiap putarannya membutuhkan waktu 30 menit. Melalui wahana ini kita bisa melihat lanskap kota London dari ketinggian. Saat malam hari London Eye ini akan berhiaskan lampu-lampu yang indah sehingga menambah eksotisnya. Hmm. Pasti akan menjadi pengalaman yang menakjubkanmenaiki London Eye ini.

Museum Beatles
Museum Beatles (Sumber di sini)

Kunjungan wajib berikutnya adalah ke Museum Beatles. Disini kita bisa mengetahui kisah perjalanan dan perjuangan grup Beatles dalam mencapai kesuksesan di karir musik mereka. Lagu Hey Jude adalah salah satu lagu favorit saya. Ada formula yang unik untuk menghafalkan lagu ini. Kalu penasaran sama formulanya klik di sini ya.





Stasiun King Cross


King Cross Station (Sumber di sini)
Stasiun ini menjadi semakin terkenal setelah ada Novel Harry Potter. Dalam novel tersebut setiap kali Harry dan teman-teman berangkat ke sekolah Hogwart mereka dengan kereta api. Kereta tersebut ada di stasiun King Cross namun masuk melalui peron 9 3/4. Nah loh. ternyata ada tuh di sana. Tapi kira-kira bisa menembus temboknya atau tidak ya? Jadi ingin membuktikannya nih. 




3. Berkunjung ke 7 Station Bola Legendaris


Old Trafford Stadium (Sumber di sini)
Dunia sepak bola Inggris adalah salah satu yang terbaik di dunia. Bahkan Liga Utama Inggris menjadi tontonan favorit saya. Di Inggris sendiri ada tujuh stadion bola yang legendaris yaitu Old Trafford-Manchester United (klub favorit saya), Standford Bridge-Chelsea, Emirates Stadium-Arsenal, White Hart Lane-Tottenham Hotspur, Etihad Stadium-Manchester City, Anfield-Liverpool dan Goodison Park-Everton. Wah-wah kalau kesampaian di sana pasti aku sukacita luar biasa. Apalagi jika bisa menginjakkan stadion Old Trafford-MU, bisa jingkrak-jingkrak aku. Apalagi kalau bisa berfoto bersama-sama bintang-bintang MU, luar biasa pastinya.

4. Berkunjung ke British Library


British Library (Sumber di sini)
Perpustakaan British adalah perpustakaan yang terbesar di dunia berdasarkan koleksi jumlah item. Perpustakaan British ini juga dikenal dengan nama Perpustakaan Britania dan merupakan perpustakaan nasional negara Inggris. Perpustakaan ini berisikan lebih dari 170 juta item yang setiap tahunnya koleksinya akan bertambah sekitar 3 juta item. Wah luar biasa.

Sebagai penggemar buku saya ingin sekali pergi ke tempat ini. Meskipun jelas tidak akan meminjam bukunya. Minimal merasakan sensasi berada dalam gudang ilmu terbesar di dunia.

Jadi jelas bukan mengapa saya ingin pergi ke Inggris sebagai salah satu tujuan keliling dunia saya. Tidak salah memilih Inggris sebagai destinasi wisata. Kalau di novel Harry Potter ada beberapa transportasi di dunia sihir. Saya akan memakai portkey. Portkey adalah benda yang dipakai penyihir untuk untuk mengangkut penyihir ke tempat lain pada waktu yang sudah ditentukan. Saya tahu portkey tersebut adalah Mr. Potato


Dokumentasi pribadi
Sambil melambaikan tongkat saya, "Accio tiket ke Inggris" dan pegang Mr. Potato sebagai portkey. Jadilah saya ke Inggris. Amin.


Dokumen pribadi

4 komentar:

  1. Balasan
    1. Amien. Terima kasih untuk doanya. Terima kasih juga sudah mampir.
      Salam

      Hapus
  2. hohoho bener juga,
    ane dari dulu juga udah tertarik banget sama desa inggris yang kayak di pelem2
    hehehehe mantap bhro.

    smoga impiannya ke inggris bisa kesampean ya. amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amien. Semoga mas. Terima kasih sudah mampir.
      Salam

      Hapus