Senin, 28 April 2014

B BLOG'S : YES I A.M A BLOGGER

Alasan Membuat Blog


Membuat tulisan atau karangan bagiku mungkin karena genetik (diturunkan dari Bapak, seorang penulis cerita berbahasa Jawa) dan lingkungan keluargaku. Kami berlima mewarisi bakat seni dari Bapak. Kakak sulungku suka main drama dan menari sejak SMP sampai perguruan tinggi. Kakakku yang nomer 2 selain suka teater juga suka menulis cerpen. Kakakku nomer 3 suka teater dan baca puisi. Aku sendiri selain baca puisi, sedikit teater, menulis dan juga melukis. Sedangkan adik bungsuku suka melukis. Kecintaan kami akan dunia seni membentuk bakat yang ada semakin terasah satu sama lain.

Sejak kecil aku suka menuliskan kisahku dalam buku. Aku tidak mau menyebutnya sebagai diary (karena dalam otakku diary hanya untuk cewek). Aku menuliskan kisah-kisahku di sana. Di buku itu. Bahkan ketika aku jatuh cinta kepada teman cewekku. Aku menyimpannya rapat-rapat. Namun suatu saat adik bungsuku menemukan buku itu, lalu membacanya keras-keras sehingga seluruh keluargaku tahu. Aku sangat marah saat itu. Malu. Mulai saat itu aku berjanji tidak akan menulis dalam buku itu lagi. Aku tetap menulis kisahku, namun dalam bentuk puisi. Bagiku puisi itu bisa berjuta makna. Tergantung siapa yang mengintepretasikan. Sehingga aku lebih nyaman dan aman sekalipun banyak orang membacanya.

Dongeng dan tulisan Bapak yang berbahasa jawa sangat menginspirasiku untuk menulis cerita anak berbahasa jawa. Beberapa tulisanku tentang cerita anak pernah di muat di majalah berbahasa jawa seperti Panjebar Semangat dan Jaka Lodhang. Aku girang sekali saat itu. Anak SMP punya penghasilan sendiri (meski sedikit). Aku kliping tulisanku yang dimuat tadi. Tapi sayangnya kliping itu lenyap entah kemana.


Kliping karyaku yang tersisa (dokumentasi pribadi)

Berawal dari itu muncul dalam benakku bagaimana mengabadikan tulisanku, sehingga bisa dinikmati banyak orang dan memberi manfaat. Rupanya hal tersebut hanya sekedar ide dan tak terealisasi karena kesibukanku dengan diktat-diktat kedokteranku. Keasyikanku melayani pasien dan bekerja sebagai dokter juga menjadi penghalang bagiku merealisasikan ide tersebut. Sampai akhirnya saat Tuhan mengijinkan aku mengikuti pendidikan dokter spesialis ini yang membuatku menjadikan ide itu nyata. Blog yah blog itulah jawabannya. Melalui blog aku bisa mengabadikan karyaku.

Blog (diambil dari web log) yang berarti situs informasi yang dipublikasikan oleh World Wide Web yang terdiri dari entri/posting dengan urutan kronologis terbalik (posting terbaru muncul paling awal). Berdasarkan sejarahnya weblog diciptakan oleh Jorn Barger pada tanggal 17 Desember 1997, dipendekkan menjadi blog oleh Peter Merholz. Aku sendiri memiliki blog setelah 4 tahun weblog diciptakan. Jadi kalau disingkat alasan mengapa aku membuat blog:
  • Aku ingin berkarya dan karyaku itu diabadikan. Lebih tepatnya aku ingin meninggalkan jejak keabadianku lewat karya-karya yang kuhasilkan.
  • Aku ingin berbagi. Berbagi tentang curahan hati, berbagi tentang ilmu, berbagi cerita dan berbagi kisah.
  • Aku memberi manfaat. Apapun kisah yang kurangkai atau ilmu yang kuceritakan dan cerita yang kubagikan bisa memberi manfaat bagi pembaca blogku.
  • Aku ingin menambah saudara dan sahabat. Melalui blog kita akan berinteraksi dengan blogger yang lain. Melalui interaksi atau mengikuti komunitas blogger maka saudara dan sahabat kita bertambah.
  • Aku ingin belajar. Belajar apapun dari saudara dan sahabat bloggerku. Duniaku akan berwarna-warni dengan berbagai ilmu pengetahuan yang bisa kuserap dan kuambil dari blogger sahabat melalui blogwalking.
Blogku sendiri ada 3 (2 di blogspot, 1 di kompasiana) namun yang aktif cuma 1 yaitu blog yang ini: 


Blog: thisisyourway.blogspot.com (dokumentasi pribadi)
Bagaimana aku memilih nama dan tema untuk blogku?


Blog ini aku namai : "this is Your way" . Ada kisah dibalik nama ini. Kisah tentang perjuangan akan kegagalan. Kisah tentang pelangi sesudah hujan badai. Kisah kebangkitan dan tak mau menyerah dari kegagalan dan kegagalan. Kisah perjalanan hidup di mana Tuhan menunjukkan bahwa inilah jalan terbaikku untukku. Untuk hidupku. Jalan Tuhan tidak selalu mulus, bahkan sering berliku. Namun Tuhan selalu menyediakan tangan-Nya untuk menopang dan menguatkanku. Yes, Lord this is Your way for me... Thank you for Your gift ... big gift for me and thanks for everything. Kalimat tersebut adalah kalimat dalam postingan pertama dari blogku ini sebagai ungkapan syukurku pada Tuhan.

Sebagai seorang yang sedang belajar tentang Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi aku ingin memperkenalkan ke masyarakat luas melalui blogku. Ini sebenarnya tema awal dari blogku ini. Ilmu Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi (IKFR) kalau di luar negeri sudah dikenal luas, namun di Indonesia belum. Masyarakat lebih mengenal fisioterapi. Sedangkan rehab sendiri tidak tahu. IKFR atau Rehabilitasi Medik sendiri adalah adalah cabang ilmu kedokteran yang mengelola secara komprehensif kecacatan/keterbatasan fisik akibat penyakit/cedera yang mengenai sistem neuromuskuloskeletal dan kardiorespirasi beserta gangguan psiko-sosio-vokasional yang menyertainya. 

Namun berjalannya waktu, tema yang aku angkat melebar. Aku tidak hanya berbicara tentang IKFR namun hal-hal yang lain. Bagiku ini tetap tidak menyalahi moto dari blogku yaitu : Blog yang berisi curahan hati, tempat berbagi ilmu, berbagi cerita dan berbagi kisah. Jadi tema blogku ini adalah mottonya sendiri. 

Sumber : dokumentasi pribadi
Manfaat selama ngeblog bagiku 

Banyak manfaat yang kudapatkan dari ngeblog. Antara lain adalah :
  • Mendapatkan banyak saudara, sahabat, teman dan kenalan. Apalagi setelah bergabung dengan komunitas blogger.
  • Mendapatkan banyal ilmu. Melalui blogwalking aku menimba ilmu ke blog blogger-blogger yang sudah senior. Blogger yang sering menjadi juara lomba blog, blognya sering aku kunjungi. Meski aku menjadi silent reader dan vicarious learner. Vicarious learner adalah seorang pembelajar yang tersembunyi. Dia seorang pengamat, namun kemudian memilah dan mengambil substansi yang penting untuk pembelajarannya. Ilmu yang kudapatkan banyak sekali baik tentang blog, cara menulis, cara menerbitkan buku dan hal-hal yang lain.
  • Mendapatkan hadiah jika ada blogger lain mengadakan perlombaan seperti Giveaway ataupun lomba blog. Berhubung aku orangnya kuper dan baru bergabung dengan komunitas blogger awal tahun ini. Hadiah yang kudapat baru bisa dihitung jari. Sebuah novel "Sang Patriot" dan pulsa.
  • Menerbitkan buku (lagi menunggu nih). Meskipun bukan buku pribadi melainkan antologi di mana penulisnya anggota komunitas. 
Tips dan Triks seorang blogger

Sebagai seorang yang baru dilahirkan kembali sebagai seorang blogger (setelah bergabung dengan suatu komunitas blogger), beberapa hal yang bisa aku bagikan :
  • Nama dan Tema
Nama suatu blog adalah penting. Meskipun ada pepatah apakah arti sebuah nama? Namun menurut saya nama adalah jati diri. Untuk membuat nama bebas asal sopan. Buatlah nama yang mudah diingat oleh anda sendiri. TIdak lucu kan kalau anda lupa nama blog anda sendiri.
Tentang tema, banyak yang menyarankan blog bertema tunggal alias satu tema saja. Namun menurutku mau buat yang campur-campur sih, sah-sah saja. Asal ada pengelompokan artikel sehingga memudahkan pembaca memilih artikel yang disukainya. 
Tema juga berhubungan dengan tampilan seperti tema romantis, unyu-unyu, maskulin atau apapun yang penting konsisten dan enak dilihat mata. 
  • Konten blog

Ini yang penting. Jangan berharap banyak pembaca yang berkunjung ke blog anda jika anda jarang posting konten blog (pengalaman pribadi). Tahun 2012 masa-masa suram blog saya, karena beralasan kesibukan saya jaring posting entri baru. Parah banget. Akibatnya pengunjung sepi. Namun 2014 ini ada revolusi baru dalam diri saya, sehingga konten-konten baru pun muncul dan alhasil banyak pengunjung yang datang membaca. Kalau blog kita jarang dikunjungi, untuk apa kita bikin blog? Bukankah kita ada untuk berbagi?
  • Mudah diakses
Bagian ini juga menjadi pekerjaan rumah bagi saya. Saya banyak belajar tentang hal ini. Beberapa gadget yang tidak perlu harus dihilangkan. Apalagi gadget yang memberatkan seperti gadget lagu, tulisan gliter-gliter, salju turun dan sebagainya. Pembaca akan malas untuk menhunjungi karena lelet untuk masuk. Apalagi kalau ada iklan yang melayang (self critics) dihapus saja sangat mengganggu bagi yang mau baca.
  • Tampilan blog
Tampilan blog yang ideal menurut saya adalah yang sederhana dan enggak ruwet. Ga bikin mata perih dan pedhes melihatnya. Pilih background yang enggak bikin mata sepet. Kalau mau ada gambarnya jangan sampai gambar tersebut mengganggu konten tulisan kita dan harus senada dengan tema ya. Background terang dengan tulisan gelap paling enak dibaca untuk blog yang berisi artikel.
  • Pilih widget yang tepat
Hati-hati dalam memilih widget, salah-salah seperti yang aku alami. Karena asal ambil widget aku tidak bisa melihat blog dari dashboardku. Begitu klik tombol lihat blog langsung auto load ke advertising tertentu. Hadehhh.
Widget yang saya pasang yang cukup menolong adalah adalah feedjit dan translator. Feedjit gunanya untuk mengetahui darimana saja pembaca kita, dan akan menampilkannya secara online. Sedangkan widget translator berguna bagi bagi pembaca yang berasal dari luar negeri yang berbahasa beda dengan kita. Ingat ini era globalisasi ya.
  • Blogwalking

Aktifitas ini penting untuk pembelajaran kita, kita bisa belajar sebagai silent reader & vicorious learner. Sudah saya jelaskan di atas. serap ilmu, pilih dan terapkan. Selain itu kita juga menambah sahabat dengan bersilaturahmi ke blog yang kita kunjungi
  • Ikut dan buatlah lomba atau giveaway
Dengan mengikuti giveaway dan lomba blog kita mendapatkan banyak manfaat. Selain kita jadi terpacu menulis, kita tidak usah mikirin topik artikel kita, bahkan kalau beruntung kita mendapatkan hadiah. Seru kan.
Sedangkan dengan membuat giveaway tentunya pengunjung di blog kita akan meningkat pesat. Apalagi kita berhak meminta peserta follow blog, twitter ataupun facebook kita. Bisa juga sebagai ajang promo buku yang kita tulis dan silaturahmi tentunya. Saya sendiri belum pernah mengadakan, masih sebatas cita-cita (hadooohh).
  • Desain blog
Kalau punya waktu kita bisa mengkutak-kutik blog kita lewat templete. Bisa juga nanya mbah Google untuk pertanyaan-pertanyaan yang ada. Kalau anda tidak punya waktu bisa menggunakan jasa desain, yang menurut saya cukup muran dan terjangkau kok. (Colek moocensusan, promosikan usaha teman)
B Blog

Sebenarnya aku tahu B Blog ini atas rekomendasi sahabatku (yang saya colek di atas). Katanya ga rugi ngedaftar dan ikut kompetisinya. Banyak manfaat yang kita dapat. Setelah browsing saya baru tahu kalau B Blog adalah Bina Blog  dari PT. Bina Blog Indonesia yang merupakan layanan terbatas hanya untuk anggota, agar dapat merasakan pengalaman menarik saat menyebarkan suatu informasi melalui sebuah blog. BBlog ini merupakan grup dari CyberBuzz Jepang. 

Setelah menjadi anggota B Blog kita akan dikenalkan proyek seperti contohnya : 

  • Mencoba produk baru. Kita dikirimi contoh produk (makanan, kosmetik, dll) bahkan sebelum produk itu dipasarkan. Setelah itu kita harus mengulas produk tersebut. Asyik kan.
  • Diundang mengikuti event terbatas, acara tukar pendapat mengenai produk pada diskusi kelompok, talk show dll. Bisa disesuaikan jadwal kita.
  • Mendapatkan informasi dan berita mengenai produk terbaru 
Sumber : di sini

Seru kan. Ayo buruan daftar jadi membernya dengan cara yang sangat mudah dan GRATIS lho.

Caranya : 
  • Buka link berikut : https://www.bblog.web.id/about/id lalu klik pendaftaran gratis
  • Isi data yang benar (alamat email dan password) lalu klik setuju dan daftar
  • Buka email kita dan klik link yang telah dikirim ke email kita
  • Lengkapi profil (alamat dan nomer telepon harus diisi dengan benar)
  • Lihat konfrmasi jika pendaftaran kita berhasil


Sumber : dokumentasi pribadi

Mudah bukan. Ayo buruan daftar dan proyek-proyek seru menanti kita lho. Hadiahnya tidak kalah menarik lho (ngarep.com)... Makanya cepat daftar karena datelinenya 15 Mei 2014.

Artikel ini diikutsertakan dalam
yang diorganisir oleh

disponsori oleh

7 komentar:

  1. baru kali ini saya nemu dokter yang doyan nulis hehe, makasi ya dok udah dipromosikan :D semoga sukses...

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh dok, banner lomba nya kok ga dipasang>? yang kuning itu lo

      Hapus
    2. Doyan nulis karena genetik mbak
      Iya aku pasang htmlnya kok gak muncul ya. Bisa kasih saran atau menolong?
      Trims

      Hapus
  2. Sama mas, sejak kecil namaku bbrp kali juga muncul sebagai penulis majalah boso jowo Panyebar Semangat lan Jaya Baya. Bapaknya Anda nama pena siapa? Jangan-jangan saya kenal...

    BalasHapus
  3. Sama mas, sejak kecil namaku bbrp kali juga muncul sebagai penulis majalah boso jowo Panyebar Semangat lan Jaya Baya. Bapaknya Anda nama pena siapa? Jangan-jangan saya kenal...

    BalasHapus